Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengajukan Keluhan Lewat Call Center PLN

Cara Mengajukan Keluhan Lewat Call Center PLN


Listrik sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari, sehingga ketika ada permasalahan pasti bingung mencari call center PLN untuk mengajukan keluhan. Sama seperti fasilitas lainnya, PLN juga memiliki sejumlah nomor dan akun yang bisa dihubungi dan khusus untuk mendengarkan keluhan masyarakat. Jadi, Kalian tidak perlu panik dan segera hubungi kontak yang tertera berikut ini.

      Email: pln123@pln.co.id

      I-SMS: 8123

      Nomor telepon: +628979136154 atau (kode area) 123

      Whatsapp: 123

      Facebook: (PLN 123) https://www.facebook.com/cc123pln/

      Twitter: PT PLN (Persero) (@pln_123): https://twitter.com/pln_123?s=09

      Website: www.pln.co.id

Berikut Cara Mengajukan Keluhan Ke PLN dengan Call Center PLN

Sebelum Kalian menelepon call center pastikan bahwa masalah Kalian benar-benar serius. Jika terkait listrik padam, maka lihatlah ke luar rumah apakah listrik tetangga juga padam atau tidak. Jika ikut padam itu mungkin karena terjadi pemadaman listrik secara rutin oleh PLN. Tunggulah beberapa jam. Jika tidak kunjung menyala juga padahal sudah batas waktu yang telah diberitahukan sebelumnya, maka tidak ada salahnya untuk bertanya kepada PLN.

Mengajukan keluhan menggunakan telepon

Cara ini sangat dianjurkan untuk Kalian yang memiliki permasalahan mendesak. Cara mengajukan keluhan menggunakan telepon ada dua cara pertama menghubungi nomor +628979136154 atau (kode area) 123. Keduanya merupakan nomor pengaduan PLN 123. Untuk yang menggunakan cara kedua, maka harus menyertakan kode area terlebih dahulu agar bisa tersambung ke operator.

Misalnya untuk telepon via seluler maka kodenya 021 jadi 021123. Setelah itu ikuti instruksi operatornya kemudian Kalian bisa terhubung langsung ke PLN dan bisa mengatakan keluhan Kalian secara langsung. Setelah Kalian mengajukan keluhan, Kalian akan diberikan kode unik 7 digit. Catat dan simpanlah kode unik tersebut. Gunanya adalah jika keluhan Kalian belum ditangani juga oleh PLN maka dipersilahkan kembali menghubungi PLN dengan menyebutkan kode tersebut.

Mengajukan keluhan lewat sosial media

PLN juga aktif dalam sosial media. Seperti yang telah disebutkan di atas, sosial media PLN yang aktif dalam menanggapi keluhan pelanggan adalah Facebook dan Twitter. Jika Kalian ingin mengajukan komplain lewat Facebook maka kirimkan pesan ke fanpage PLN 123. Sementara itu, untuk mengajukan komplain di Twitter, cukup mention PLN @pln_123 dan tulis keluhan Kalian. Atau bisa juga dengan men-DM akun tersebut.

Mengajukan keluhan lewat email

Selain nomor telepon dan sosial media, PLN juga mencantumkan emailnya untuk yang ingin mengajukan keluhan lewat email. Sama seperti mengirim email pada umumnya, tulislah keperluan Kalian sedetail mungkin. Jika ada permasalahan maka ceritakan selengkap mungkin. Biasanya email akan dibalas 1-3 jam kemudian. Jika masalah Kalian mendesak, maka tidak disarankan untuk mengirim lewat email karena responnya tidak secepat yang lain.

Mengajukan keluhan lewat i-SMS

Satu lagi cara mudah untuk mengajukan pengaduan ke PLN secara online adalah dengan i-SMS. Sama seperti mengirim SMS pada umumnya, Kalian hanya perlu menuliskan permasalahannya kemudian kirim ke 8123. Selain untuk pengaduan, SMS 8123 juga bisa memberi Kalian informasi tentang tagihan listrik, info pemadaman listrik, pengajuan pasang listrik baru, pengaduan catat meter, dan lain sebagainya.

Informasi kontak center di atas sangat berguna sekali bagi Kalian yang tidak mempunyai waktu untuk mengadu ke kantor PLN langsung. Jadi, Kalian bisa menghubungi PLN kapanpun dan dimanapun. Demikian informasi mengenai call center di atas, semoga bermanfaat untuk Kalian.