Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mengupas Cara Menghilangkan Iklan di Android yang Muncul Tiba-Tiba

Mengupas Cara Menghilangkan Iklan di Android yang Muncul Tiba-Tiba

teknocup.com - Mengupas Cara Menghilangkan Iklan di Android yang Muncul Tiba-Tiba Iklan memang dibuat untuk menarik para konsumen agar membeli produk atau jasa yang dijual oleh sebuah perusahaan. Akan tetapi, lain halnya dengan iklan yang ada di HP yang sering muncul tiba-tiba tanpa diketahui sebabnya. Apalagi, iklan yang memuat konten negatif dan tidak enak untuk dilihat. Pastinya akan sangat mengganggu bukan? Sebenarnya ada cara menghilangkan iklan di Android yang mudah. Mari cari tahu lebih lanjut! 

Sebenarnya, menghilangkan iklan bukan hanya disebabkan karena iklan tersebut mengganggu sewaktu menggunakan HP. Akan tetapi, bagi orang awam banyak yang tidak tahu tentang bahaya yang bisa dimunculkan oleh iklan-iklan yang muncul pada HP. Bahayanya adalah iklan-iklan tersebut bisa saja merupakan virus atau malware yang bisa merusak atau menurunkan performa HP Anda. Bahkan, bisa saja mencuri data-data penting yang ada di sana. 

Tak jarang, nasib buruk menimpa seseorang karena HP-nya berhasil diretas oleh orang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk tetap waspada dengan iklan-iklan yang bermunculan di HP Anda. Salah-salah, data pada HP Anda bisa disalahgunakan oleh orang tidak bertanggung jawab.

Jika di era modern seperti saat ini Anda tidak mulai untuk melek teknologi dan memulai untuk membersihkan iklan-iklan negatif yang ada di HP Anda. Bisa jadi ke depannya Anda akan menyesal jika sampai terjadi sesuatu yang menimpa Anda diakibatkan oleh iklan-iklan tersebut. Jangan sampai Anda mengalaminya bukan. 

Sebelum, masuk ke pembahasan cara menghilangkan iklan yang bermunculan di HP Android Anda. Terlebih dahulu Anda mengupas cara-cara yang umum dilakukan oleh para pengguna Android demi bisa menghilangkan iklan-iklan tersebut yang tentunya sangat mengganggu karena sering muncul ketika Anda menggunakan aplikasi yang ada di HP. 

Mencari Tahu Cara Menghilangkan Iklan Mengganggu di Android secara Umum

Ya, kini hampir mayoritas orang menggunakan HP Android. Tak heran, karena HP Android memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan HP lainnya. Sekaligus, HP Android juga dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. 

Sayangnya, di beberapa merek HP Android seperti Xiaomi, Oppo, Vivo, Realme, Samsung, dan lain sebagainya sering didapati iklan-iklan yang mengganggu sehingga para penggunaannya merasa terganggu. Terlebih lagi, jika iklan-iklan tersebut mengandung muatan negatif maka akan sangat mengganggu bukan? 

Apa yang terjadi jika HP tersebut digunakan oleh anak-anak? Bisa jadi berdampak buruk bagi psikisnya bukan? Maka dari itu, menghilangkan iklan yang ada pada HP Android sangat penting untuk dilakukan. Bukan hanya demi anak Anda, tetapi juga tentu akan berguna bagi Anda. 

Sebenarnya, kendala yang bisa menyebabkan iklan-iklan tidak penting banyak bermunculan adalah karena adanya beberapa aplikasi yang tidak sengaja diunduh oleh HP Anda. Beberapa aplikasi memang terbilang tidak aman dan bisa memunculkan iklan-iklan yang negatif atau mengganggu. 

Di antara beberapa aplikasi, ada sejumlah aplikasi yang memang sudah terindikasi berbahaya dan harus segera dihapus jika terunduh di HP Anda. Bisa jadi, aplikasi-aplikasi tersebut yang menjadi penyebab banyaknya iklan muncul secara tiba-tiba tanpa diketahui penyebabnya.  Coba cek apakah aplikasi jahat ini ada di ponsel Android Anda!
1. com.nice.mobile.mirror.hd
2. com.phone.mirror.hd
3. com.phonecallmaker.android
4. com.sleep.in.rain
5. com.test.fortune.tester
6. mobi.clock.android
7. nmd.android.better.calculator.plus

sebenarnya, masih ada banyak aplikasi berbahaya lainnya yang harus dihapus di HP Android Anda. Namun, jika ada beberapa aplikasi yang disebut di atas dan terunduh di HP Anda. Anda bisa langsung menghapusnya saja. Biasanya, dengan begitu iklan-iklan yang biasanya muncul akan hilang secara otomatis karena aplikasinya sudah Anda hapus dari ponsel Anda. 

Cara Menghilangkan Iklan di Android

Bagi para pengguna atau pemilik HP Android, merupakan angin segar bukan karena iklan-iklan yang bermunculan di HP dapat dihilangkan agar tidak muncul sehingga Anda bisa dengan nyaman menggunakan HP Anda mulai dari sekarang. 

Bayangkan, HP tanpa adanya iklan yang mengganggu dan Anda bisa berselancar internet tanpa adanya iklan yang bisa jadi menguras paket data Anda. Tentu akan sangat menyenangkan bukan? Memakai HP dengan aman dan nyaman memang menjadi dambaan bagi setiap orang karena di Android memang banyak sekali iklan yang muncul bertubi-tubi sehingga mengganggu aktivitas Anda menggunakan HP. 

Jangan khawatir, banyak cara menuju Roma sama halnya dengan banyak cara untuk menghilangkan iklan-iklan tersebut. Jangan khawatir dan ikuti saja tutorialnya maka Anda akan segera terbebas dari para iklan-iklan yang sungguh mengganggu tersebut. Jangan lupa, ikuti caranya dengan runtut ya! Berikut beberapa cara untuk menghilangkan atau menonaktifkan iklan-iklan yang bermunculan di HP Android.

1.     Menu Pengaturan

image by flaticon

Cara simpel pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghalau iklan-iklan yang bermunculan di HP Android adalah dengan masuk ke menu pengaturan yang ada pada masing-masing HP. Berikut langkah-langkahnya.

·       Masuk ke menu Security Setting .

·       Selanjutnya, pilih opsi untuk melarang penginstalan aplikasi dari sumber tidak dikenal.

Hanya dengan dua langkah tersebut, HP Anda akan terbebas dari iklan-iklan yang bermunculan dari sumber yang tidak dikenal. Cukup mudah bukan?

2.     Pengaturan Google Chrome

chrome
image by flaticon

Selain menu pengaturan, Anda juga bisa menghilangkan iklan langsung melalui pengaturan yang ada di Google Chrome. Berikut langkah-langkahnya.

·       Pertama, mulailah dengan membuka aplikasi Google Chrome yang ada pada HP Android Anda.

·       Selanjutnya, klik pada tiga titik vertikal yang berada pada bagian atas. Kemudian, pilihlah menu Settings. Jika sudah, pilih menu Site Settings dan pilih Pops-up and redirects.

·       Langkah selanjutnya, klik toggle hingga warnanya berubah menjadi keabu-abuan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, iklan sudah berhasil Anda blokir sehingga tidak akan muncul lagi di HP Anda terlebih ketika Anda sedang browsing.

3.     Aplikasi Adblock Browser

adblock
image by flaticon

Siapa sangka jika aplikasi yang satu ini terbilang ampuh untuk menonaktifkan atau menghilangkan iklan yang ada di HP. Berikut langkah-langkahnya.

·       Langkah pertama, bukalah download aplikasi Adblock Browser di Google Play Store terlebih dahulu.

·       Setelah terpasang, aplikasi sudah akan berjalan secara otomatis sehingga iklan sudah tidak akan muncul lagi.

Banyak sekali keunggulan dari aplikasi Adblock Browser ini. Karena selain gratis, aplikasi ini juga sangat mudah digunakan.

4.     Melalui Google Play Store

playstore
image by flaticon

Tidak banyak yang mengetahui bahwa salah satu cara mengatasi HP yang sering dihujani iklan-iklan yang mengganggu adalah dengan melalui Google Play Store saja. Cara ini terbilang cukup ampuh dalam menghilangkan iklan.

HP yang sering muncul iklan-iklan tidak penting tanpa sepengetahuan pemiliknya hanya cukup dengan mengaturnya melalui Google Play Store. Berikut langkah-langkahnya.

·       Pertama-tama bukalah aplikasi Google Play Store yang sudah tersedia di masing-masing HP Android.

·       Selanjutnya, Anda bisa memilih menu Aplikasi dan Game Saya.

·       Kemudian, anda pilih menu Koleksi dan urutkan berdasarkan yang terbaru. Di bagian ini, Anda dapat dengan mudah mendeteksi aplikasi yang memunculkan iklan.

5.     Gunakan Adclear

adcleaner
image by flaticon

Aplikasi Adclear juga bisa menghilangkan iklan baik yang ada di aplikasi atau di browser Anda. Berikut langkah-langkahnya.

·       Unduh aplikasi Adclear melalui Google Play Store.

·       Selanjutnya, klik tombol power. Kemudian, ketika muncul pemberitahuan VPN klik OK dan tunggu hingga proses selesai.

·       Sudah, iklan tidak akan muncul lagi di HP Android Anda.

6.     Gunakan NoRoot Firewall


Cara bagi Anda yang tidak ingin ribet ketika hendak menghilangkan iklan adalah dengan menginstall aplikasi NoRoot Firewall. Berikut langkah-langkahnya.

·       Instal aplikasi NoRoot firewall.

·       Selanjutnya, bukalah aplikasi dan pilih centang x pada aplikasi yang hendak diblokir iklannya.

Setelah selesai, otomatis iklan yang sering bermunculan di HP Android akan otomatis hilang dan tidak muncul lagi.

7.     Reset ke Setelan Pabrik

reset
image by flaticon

Jika semua cara sudah dicoba, akan tetapi tetap saja iklan-iklan tersebut muncul. Cara terakhir Anda bisa mengembalikan HP Anda ke setelan pabrik. Namun, Anda harus benar-benar memastikan bahwa data-data penting Anda sudah tersimpan dengan baik. Jangan sampai data-data penting Anda hilang dan tidak bisa kembali lagi. 

Cara Khusus Menghapus Iklan Pop-up yang Muncul secara Tiba-Tiba

Sering kali selain iklan-iklan yang mengganggu dan muncul secara tiba-tiba di HP Android Anda. Ada juga jenis iklan pop-up yang muncul dan membahayakan HP Anda. Iklan-iklan ini dapat dihilangkan dengan cara yang mudah. Berikut cara yang tepat untuk menghilangkan iklan pop-up tersebut.

1.     Cari dan Hapus Aplikasi yang Menjadi Penyebab Iklan Muncul secara Tiba-Tiba

Langkah pertama, cobalah untuk menemukan berbagai aplikasi yang terindikasi memunculkan iklan-iklan tidak jelas. Berikut langkah-langkah menemukan aplikasi tersebut.

·       Silakan buka Google Play Store.

·       Klik pada bagian kiri atas, kemudian lanjutkan klik menu Aplikasi&Game Saya.

·       Klik tab Koleksi, kemudian sortir berdasarkan aplikasi yang paling baru diunduh.

·       Masuklah ke Pengaturan HP atau Settings. Selanjutnya, masuklah ke menu aplikasi.

·       Pada menu tersebut, silakan cari dan hapuslah aplikasi yang sudah Anda sortir sebelumnya.

·       Terakhir, restart HP Anda dan cek apakah iklan tersebut masih muncul di HP Android Anda.

2.     Scan dengan Aplikasi Antivirus

Cara kedua, Anda bisa melakukan scanning dengan menggunakan aplikasi antivirus yang sudah terpasang di HP Anda. Tujuan dari proses scanning ini adalah untuk menghapus malware dan adware yang tidak sengaja tersimpan di HP Anda. Berikut cara memasang salah satu jenis antivirus yang bisa menjadi rekomendasi.

·       Pertama, instal aplikasi Malwarebytes dan langsung saja Anda buka.

·       Selanjutnya, klik pada bagian kiri atas dan pilih pemindai (scanner). Lanjutkan dengan klik pindai atau scan untuk memulai proses scanning.

Biasanya, proses untuk melakukan scanning kurang lebih selama 15 menit. Namun tergantung dari memori penyimpanan dan spesifikasi HP yang Anda miliki.

3.     Pasang Aplikasi Khusus untuk Memblokir Iklan

Selain menggunakan metode hapus dan memindai aplikasi. Anda juga bisa menggunakan aplikasi khusus yang memiliki fitur memblokir iklan atau yang disebut dengan Adblock.

Salah satu aplikasi yang bisa Anda pasang di HP Android Anda adalah AdAway. AdAway sendiri adalah aplikasi yang memiliki fungsi untuk memblokir iklan-iklan yang mengganggu pada HP. Berikut langkah-langkah mengaktifkan aplikasi AdAway.
· Download aplikasi AdAway kemudian bukalah. Jika ada pemberitahuan root maka klik Allow, Granted, atau Izinkan.

· Langkah selanjutnya, ubahlah mode disable ke mode enable. Caranya, klik di bagian tombol Download Files and Apply Ad Blocking.

· Langkah ketiga, setelah memastikan sukses. Sesaat kemudian akan muncul pemberitahuan Applying Successful. Secara otomatis, statusnya akan berubah menjadi enabled.

4.     Reset HP Android Anda

Hampir sama dengan menghapus atau menghilangkan iklan pada HP Android kebanyakan. Anda bisa juga melakukan reset pada HP Android yang Anda gunakan saat ini.

Daripada harus melakukan root atau cara yang membahayakan HP Android Anda. Anda bisa juga melakukan reset pada HP Android yang digunakan. Reset sama dengan mengembalikan HP ke setelan semula atau pabrik dengan begitu HP Anda akan bersih dari iklan-iklan yang mengganggu. Berikut proses reset yang bisa Anda lakukan.

·Pertama, bukalah menu settings. Kemudian, klik di bagian Backup and Reset atau cadangkan dan setel ulang.

· Kemudian, anda bisa klik di bagian Factory Data Reset atau kembalikan ke setelan pabrik.

5.     Lakukan Flash Ulang Android (Tambahan)

Sebenarnya, secara umum iklan yang sering kali muncul di HP Android dikarenakan oleh tiga penyebab utama. Penyebabnya, bisa disebabkan oleh aplikasi, virus, dan sistem.

Jika sudah berbagai cara dilakukan atau Anda ingin memilih cara yang lain untuk menghilangkan iklan yang sering muncul di HP Android Anda. Anda bisa melakukan flash ulang Android Anda agar iklan-iklan tersebut tidak lagi bermunculan.

Memang, tidak sedikit orang yang merasa terganggu dengan kemunculan iklan-iklan negatif yang bermunculan di HP Android seperti iklan judi, poker, dan hal-hal tidak senonoh lainnya. Tentu hal ini akan sangat-sangat mengganggu terlebih ketika Anda sedang bermain HP di tempat umum dan ada orang yang tanpa sengaja melihat iklan-iklan tersebut.

Tak hanya sampai di situ, maraknya kejahatan akibat iklan-iklan tersebut juga tidak dapat diremehkan begitu saja karena akan sangat merugikan bagi orang yang terkena imbas dari iklan-iklan yang dipasang oleh orang tidak bertanggung jawab tersebut. Jangan salah, salah satu penyebab pencurian data yang ada tersebut bisa saja salah satunya disebabkan oleh iklan-iklan yang tidak sengaja di klik oleh pengguna HP.

Apa akibatnya ketika iklan yang mengandung malware tersebut diakses? Otomatis, sistem iklan tersebut dapat mengakses data-data atau kontak yang ada pada HP Android Anda. Ya, bisa jadi orang di balik pemasang iklan tersebut dapat menggunakannya untuk kepentingan yang tidak baik. Bahkan, bisa menimbulkan kerugian yang tidak sedikit dan itu akan sangat merugikan.

Apakah Anda tidak melihat, jika tidak hanya satu dua orang saja yang pernah mengalami kejahatan pencurian data akibat iklan tersebut? Tentu, Anda sering kali menyaksikannya di layar kaca bukan? Itu juga bisa menimpa Anda cepat atau lambat jika Anda tidak berusaha untuk mengantisipasinya dengan cara menghilangkan iklan-iklan berbahaya yang bermunculan di HP Anda. Jadi, Anda sudah seharusnya waspada dan melakukan pencegahan dengan menghapus serangkaian iklan yang ada di HP Android milik Anda.

Bagaimana, banyak bukan cara menghilangkan iklan diAndroid yang bisa Anda lakukan jika tidak ingin banyak iklan bermunculan di HP Anda? Dengan begitu, selain Anda bisa nyaman ketika menggunakan HP. Anda tidak perlu khawatir lagi dengan maraknya pencurian data melalui HP yang dilatarbelakangi dengan adanya malware yang sengaja dipasang untuk mencuri data-data penting yang ada di HP Android milik Anda.

 

Kelas Instagram Organik
Kelas Instagram Organik

Berlangganan via Email