Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Emulator PS2 Android Terbaik dan Cara Menggunakannya

teknocup.com - Emulator PS2 Android Terbaik dan Cara Menggunakannya PS2 atau Playstation 2merupakan salah satu media permainan paling sukses di Dunia.  PS2 ini menjadi media permainan paling populer terutama untuk kalangan anak-anak jaman 2010-an. Karena popularitasnya, terdapat lebih dari satu miliar game PS2 yang di buat pada masa itu yang kini juga tersedia di PS2 emulator android.

Bagi mereka yang terlanjur menyukai game-game pada PS2, kami yakin pasti ingin mengenang masa-masa itu dengan memainkannya kembali. Jika memungkinkan, tidak ada ragu bagi mereka untuk memainkan semua gamenya.Memang, sebelum adanya emulator PS2 di ponsel android, terasa mustahil untuk dapat memainkan game-game itu kembali. Apalagi di perangkat android atau perangkat lain selain PS2.

Anda cukup beruntung apabila masih memiliki perangkat game PS2 yang dapat berfungsi dengan baik. Tetapi bagi Anda yang tidak memilikinya dan dulu biasa main games di rental PS bagaimana? Namun, Anda tidak perlu khawatir karena sekarang kami punya solusinya. Meski kebanyakanwarung rental sudah gulung tikar, Anda masih dapat bermain game PS2 menggunakan emulator PS2 smartphone android yang kini juga tersedia di hp android Anda. Ingin tau lebih lengkapnya dan cara menggunakannya, simak ulasan artikel berikut ini.

Baca Juga: Cara Mengecek Kuota Smartfren

Lima Daftar Emulator PS2 Android Terbaik

Daftar Emulator PS2 Android Terbaik


Beruntung sekali emulator ini telah dibuat. Sebuah emulator mengizinkan untuk menjalankan satu sistem eksternal di dalam sistem host yang Anda gunakan. Dan salah satunya memainkan game PS2 di perangkat android Anda. Dan di sini kami akan memberikan beberapa emulator terbaik untuk android yang dapat Anda dapatkan di internet.

1.Damon PS2 Pro

Damon PS2 Pro


Emulator PS2 android yang pertama adalah Damon PS2 Pro. Aplikasi ini layak menempati posisi teratas, sebab Damon PS2 Pro ini dikenal sebagai emulator PS2 tercepat dan memiliki kinerja sangat tinggi. Aplikasi ini juga sangat efektif terutama apabila digunakan pada ponsel gaming yang dirancang untuk memberikan pengalaman gaming optimal bagi pengguna. Aplikasi ini juga menghabiskan hanya sedikit daya saat menjalankan game pada frame rate yang tinggi. Versi gratis dari aplikasi ini juga dapat Anda unduh di Playstore.

Cara Menggunakan Emulator PS2 Damon PS2 Pro:

• Download emulator PS2 Damon PS2 Pro.

• Lalu Install dan Buka aplikasinya

• Pindahkan file BIOS dan file gamePS ke folder Damon PS2

• Selanjutnya, ekstrak kedua file tersebut menggunakan aplikasi Zarchiver.

• Setelah berhasil di ekstrak, silakan Anda buka kembali aplikasi Damon PS2 Pro dan cari file yang tadi telah diekstrak.

• Klik game tersebut dan Anda dapat memainkannya.

Baca Juga: Rekomendasi Harga HP dibawah 1 jutaan Terbaik 2020

2.Play

Play PS2 emulator


Play adalah salah satu emulator PS2 for android gratis yang dapat Anda temukan di internet. Meskipun tidak tersedia di Playstore, Anda tidak perlu khawatir karena masih dapat mengunduhnya langsung di situs resmi Play. Aplikasi ini mungkin terdengar menarik karena gratis. Namun seperti hal-hal gratis lainnya, aplikasi ini memiliki beberapa kekurangan. Game-game dengan resolusi tinggi seperti Final Fantasy X dan Resident Evil 4 tidak dapat dimainkan. Meski begitu, emulator PS2 ini memiliki kelebihan yaitu mudah diutak-atik dan tidan tidak memerlukan BIOS maupun file lainnya yang biasa diperlukan untuk game. Cara menggunakannya pun mudah, tinggal ikuti langkah-langkah berkut.

Cara Menggunakan Emulator PS2 Play:

Download emulator PS2 Play.

Install dan buka aplikasinya.

Pindahkan file ISO PS2 ke memori internal hp android Anda.

Selanjutnya buka aplikasi Play dan cari game tersebut.

Sekarang Anda dapat langsung memainkannya.


3.PPSS2 Golden

PPSS2 Golden


PPSS2 termasuk salah satu emulator PS2 android yang terbaik selanjutnya. Meskipun tidak mendapat pujian sebanyak kedua emulator sebelumnya, aplikasi ini paling unggul dalam hal kenyamanan. Emulator yang satu ini mudah dipasang dan tidak lagi memerlukan file BIOS seperti emulator lainnya. Emulator ini tidak memerlukan persyaratan yang sulit dan yang terpenting dapat digunakan untuk android 4.4 maupun diatasnya. Keunggulan lain emulator ini yaitu dapat menyimpan dan memuat file langsung ke Kartu SD. Emulator ini juga dapat menjalankan game dalam format ZIP, RAR, ataupun 7Z.

Cara Menggunakan Emulator PS2 PPSS2 Golden:

Download emulator PS2 android PPSS2 Golden.

Selanjutnya save data dari game PS2 yang Anda inginkan.

Buka menu utama dan masuk ke menu games.

Setelah menemukan game yang diinginkan, klik gametersebut dan mulai mainkan.

Baca Juga: Mengupas Cara Menghilangkan Iklan di Android yang Muncul Tiba-Tiba

4.PPSSPP

PPSSPP


PPSSPP merupakan emulator PS2 for android yang dikembangkan oleh Hendrik Rydgrad. Emulator ini sudah diunduh sebanyak kurang lebih 50 juta kali. Cukup populer karena bisa terbilang banyak yang menggunakannya. Emulator ini banyak digemari karena ukurannya yang cukup ringan, yaitu hanya 28 MB saja. Selain itu juga pengguna dapat mengatur grafis sesuai dengan keinginan dan spesifikasi android mereka. 

Cara Menggunakan Emulator PS2 PPSSPP:

Download emulator PS2 PPSSPP

Pastikan game PS2 berformat ISO sudah dipindahkan ke perengkat android Anda

Buka Aplikasi dan klik menu Games.

Selanjutnya Anda akan menemukan semua folder ponsel Anda, arahkan ke folder di mana Anda menyimpan file ISO.

Selanjutnya, tekan di atasnya untuk memulai permainan.

Tekan setting pada tampilan utama apabila Anda ingin mengubah pengaturan. 


5.RetroArch

RetroArch


Emulator PS2 android terbaik selanjutnya ialah RetroArch. Aplikasi RetroArch ini berisi kumpulan emulator dari semua konsol game jadul, dan konsol PS2 juga termasuk di dalamnya. PS2 emulator for android bisa Anda dapatkan dengan langkah-langkah berikut.

Cara Menggunakan Emulator PS2 RetroArch:

Download emulator PS2 RetroArch.

Pindahkan file ISO ke memori android Anda, Lalu buka aplikasi RetroArch.

Pada layar utama, klik menu Lead Core, selanjutnya klik Download a Core.

Geser layar kebawah hingga Anda menemukan  opsi Sony-PlayStation 2 . Klik opsi tersebut dan tunggu sampai proses download selesai.

Selanjutnya, kembali ke laman utama RetroArch lalu klik Load Core lalu pilih opsi Sony-PlayStation 2 (Play!).

Anda akan dikembalikan ke laman utama, selanjutnya klik Load Content dan pilih game PS2 ISO yang ingin Anda mainkan.

Tunggu hingga proses loading selesai, dan Anda bisa langsung memainkannya.


Informasi mengenai emulator PS2 android terbaik di atas, beserta cara menggunakannya tidaklah sulit dilakukan jika sudah memahami dengan baik. Kami hanya dapat merekomendasikan. Anda bisa memilih salah satu dari kesembilan emulator terbaik di atas untuk dapat Anda coba di hp android Anda. Sekarang Anda tidak perlu memiliki perangkat PS2 dan bahkan tidak akan lagi membutuhkannya untuk dapat memainkan game PS2 yang Anda inginkan. Cukup dengan hp android Anda, download emulator PS2 android dan installl, sekarang Anda dapat menikmati permainan game PS2 dengan mudah di android.