Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Mudah Cara Sharing Printer Windows 10

Bekerja dalam sebuah grup seperti kantor membuat kita harus memikirkan cara sharing printer Windows 10. Setiap orang tidak kesulitan untuk melepas kabel printer dan menghubungkannya pada laptop atau PC. Teknik sharing printer dapat digunakan dengan ketersediaan jumlah printer yang terbatas sehingga satu printer dapat digunakan untuk beberapa PC.

Syarat utama yang diperlukan untuk dapat melakukan sharing printer adalah semua perangkat harus berada dalam satu jaringan WiFi. Modem yang sudah memiliki fitur LAN (Local Area Network) akan secara otomatis mengatur network setup. Ketika laptop/PC/komputer terhubung ke jaringan WiFi bersama maka komputer akan langsung terdeteksi. 

Syarat lainnya yaitu satu komputer/PC yang sebaiknya digunakan sebagai basis (server) data network. Komputer/PC ini harus menyala saat akan melakukan sharing printer. Sebaiknya gunakanlah PC/komputer yang tetap di tempat dan tidak menggunakan laptop yang diperuntukkan untuk berpindah-pindah, Sehingga saat ini menjalankan sharing printer, selalu dapat digunakan kapanpun. Berikut tutorial Langkah Mudah Cara Sharing Printer Windows 10

Langkah Mudah Cara Sharing Printer Windows 10


Cara Sharing Printer Windows 10 dengan menggunakan WiFi bagi Komputer Server

Sebelum melakukan sharing printer pada server pastikan terlebih dahulu jika printer sudah di install. Selanjutnya langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah :

Pengaturan network (jaringan)

1. Buka menu Control Panel dengan cara klik di search menu dan ketik Control Panel. Cara lainnya juga dapat menggunakan command yaitu Windows+R dan ketik Control Panel pada pencarian lalu klik OK.

command


2. Setelah menu Control Panel terbuka, masuk ke menu Network and Internet.

network and internet

3. Selanjutnya klik menu Network Sharing Center.

Network Sharing Center

4. Lalu pilih Change advance sharing setting di side bar yang muncul di sebelah kiri.

change advance sharing settings

5. Selanjutnya pilih Turn on network discovery dan Turn on file and printer sharing.

Turn on network discovery

6. Lalu buka menu All Networks di bawahnya dan pilih Turn off password protected sharing untuk mempermudah proses sharing nantinya.

Turn off password protected sharing

7. Lalu klik Save changes untuk mengubah pengaturan.

Langkah selanjutnya yaitu mengubah pengaturan sharing printer. Adapun langkah pengaturan printer sebagai berikut:

1. Buka menu Control Panel sekali lagi seperti langkah di atas

2. Pilih Hardware and Sound

Hardware and Sound

3. Lalu klik Devices and Printers.

Devices and Printers


4. Selanjutnya klik kanan pada printer yang ingin di sharing dan pilih Printer properties

Printer properties

5. Klik tab Sharing lalu centang Share this printer untuk membagikan akses printer. Lalu klik OK untuk menyimpannya.

Share this printer

6. Jika berhasil maka icon printer di menu Devices and Printers akan terlihat berbeda. Hal ini terjadi karena printer tersebut sudah di share dan dapat diakses oleh semua laptop/PC di dalam jaringan WiFi.

Pengaturan sharing printer di server utama telah selesai. Selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menambah printer di komputer/PC/laptop lainnya sebagai komputer client.

Akses Printer di Komputer Client

Sebelumnya pastikan perangkat yang digunakan sudah mengaktifkan Turn on network discovery dan Turn on file and printer sharing seperti di atas tadi. Apabila sudah, maka dapat langsung mengakses printer yang sudah dibagi di komputer server. Caranya adalah sebagai berikut:

1.Buka folder File Explorer dengan cara mengetikkan di search. Atau ketik Windows+E untuk dapat membukanya.

2.Selanjutnya klik menu Network di side bar bagian kiri. Lalu akan muncul nama komputer server yang dipergunakan untuk sharing printer. 

3.Buka nama komputer tersebut dan akan terlihat file printer yang telah di sharing. 

4.Klik kanan di printer lalu klik Connect dan tunggu hingga printer tersambung, pastikan status printer Ready dan siap digunakan.

Apabila dilakukan dengan benar dan semua kabel terhubung dengan baik seharusnya cara sharing printer Windows 10 sesuai artikel di atas akan sangat mudah dilakukan.