Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ragam Cara Menggunakan WhatsApp di PC tanpa HP yang Mudah Dilakukan

teknocup.com - Bukan hanya di ponsel, saat ini ditawarkan berbagai cara menggunakan WhatsApp di PC tanpa HP. Sebagian orang yang menggunakan WhatsApp (WA) juga terbiasa menggunakan laptop ataupun PC. Dengan adanya akses online WA di perangkat laptop atau PC akan semakin mempermudah komunikasi. 

Saat ini hampir setiap orang menggunakan aplikasi ini untuk bertukar pesan baik itu pelajar, mahasiswa, karyawan, pebisnis, dan yang lainnya. Menggunakan layanan ini sepertinya lebih mudah dan praktis ketimbang menggunakan layanan pesan sosial media. Misalnya saja  WhatsApp Business juga sangat didukung dengan adanya fitur ini. Para pebisnis online akan lebih mudah memperkenalkan produknya melalui unggah foto di WA. 

Cara Menggunakan WhatsApp di PC tanpa HP

Cara Menggunakan WhatsApp di PC tanpa HP dengan WhatsApp Web

Adapun langkah-langkah membuka WhatsApp dengan WhatsApp Web cukup mudah yakni:

1. Buka browser di laptop atau PC (mis. Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, dll).

whatsapp web


2. Buka halaman WhatsApp Web atau ketik laman https://web.WhatsApp.com/ di browser.

whatsapp web


3. Pastikan kotak Keep me signed in tercentang pada halaman utama WhatsApp web.

whatsapp web


4. Buka ponsel Android maupun iPhone, lalu masuk ke aplikasi WhatsApp.

whatsapp web


5. Klik menu titik tiga di pojok kanan atas aplikasi lalu pilih WhatsApp Web. Selanjutnya ponsel akan menampilkan halaman scan QR code.

whatsapp web


6. Arahkan ponsel pada halaman WhatsApp Web di browser laptop atau PC, lalu akan dilakukan pemindaian secara otomatis. Usahakan untuk memindai secara cepat karena QR code akan berubah akibat adanya batas waktu.

whatsapp web


7. Apabila berhasil, maka akan terlihat tampilan WhatsApp Web di laptop atau PC sama dengan di HP dan dapat segera digunakan.

whatsapp web


Untuk alasan keamanan pengguna dapat melakukan logout pada laptop atau PC dengan cara klik titik tiga di panel profil bagian kiri atas lalu klik logout. Atau dapat dilakukan melalui HP dengan cara klik titik tiga di bagian kanan atas lalu pilih WhatsApp Web selanjutnya klik logout from all device. Fitur logout ini sangat dianjurkan apabila menggunakan laptop atau PC yang digunakan untuk umum. Apabila menggunakan perangkat pribadi yang terjamin keamanannya, pengguna tidak perlu melakukan logout. Akan lebih praktis saat nanti membuka WA kembali tidak perlu melakukan scan QR code ulang. 

Menggunakan WhatsApp Web Apabila Ponsel Tertinggal

Apabila ponsel tertinggal dan sangat membutuhkan WA untuk berkomunikasi, kita dapat membuka WA di PC meski akan membutuhkan bantuan orang-orang di sekitar anda. Adapun caranya adalah buka WhatsApp Web seperti instruksi di atas dan pinjam WA orang lain untuk berkirim QR code kepada WA pribadi. Selanjutnya meminta bantuan kepada orang yang memegang ponsel anda (misal di rumah) untuk memindai QR code tersebut. Proses ini juga harus cepat karena berpacu dengan waktu aktif QR code. 

Mengunduh (Download) Aplikasi WhatsApp untuk PC atau Laptop

Beberapa langkah untuk mengunduh aplikasi WhatsApp untuk PC atau laptop yaitu : 

1. Buka laman https://www.WhatsApp.com/download. Di halaman tersebut tertera pilihan untuk pengguna sistem operasi Windows (32 bit dan 64 bit) ataupun Apple (Mac). 

2. Klik unduh (download), apabila telah sesuai dengan spesifikasi PC atau laptop yang dimiliki selanjutnya browser akan langsung mengunduh hingga selesai.

3. Buka file unduhan dan install di PC atau laptop. Selanjutnya lakukan pemindaian QR code hingga dapat digunakan tanpa harus membuka browser. 

Beberapa cara menggunakan WhatsApp di PC tanpa HP yang dijelaskan di atas sangat mudah dilakukan. Pengguna dapat lebih leluasa mengakses aplikasi WhatsApp di segala kondisi.