Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Setting APN Telkomsel 4G untuk Akses Internet Tepat sesuai Kebutuhan

Setting APN Telkomsel 4G untuk Akses Internet Tepat sesuai Kebutuhan


teknocup.com - Sebelum membahas lebih lanjut mengenai APN Telkomsel 4G, perlu dipahami tentang pengertian APN (Access Point Name) dan fungsinya. Pengaturan APN yang tepat dapat membuat koneksi internet lebih baik dan stabil. Pengguna akan mendapatkan pengalaman berselancar di dunia maya dengan nyaman. Sebaliknya apabila pengaturan APN yang keliru dapat mengakibatkan masalah koneksi. 

APN adalah koneksi jaringan seperti 5G, 4G, H+, dan GPRS. Bisa dikatakan juga merupakan penghubung yang dipakai untuk mengidentifikasi jaringan ponsel ataupun komputer ke internet. Dengan kata lain dapat diartikan sebagai penghubung perangkat ponsel atau komputer ke operator penyedia jaringan misalnya Telkomsel. 

Struktur APN terdiri atas network identifier dan operator identifier. Network identifier adalah bagian yang harus digunakan oleh pengguna. Ini digunakan untuk menghubungkan jaringan eksternal GGSN (Gateway GPRS Support Node). Sedangkan operator identifier lebih bersifat pilihan untuk mengetahui jaringan paket operator yang digunakan dimana GGSN berada. 

APN dapat dijadikan pertimbangan bagi operator seluler untuk memberikan akses internet yang tepat bagi penggunanya. Di dalamya berisikan informasi tentang password, username, profil, dan autentifikasi. Bahkan dengan APN, operator seluler dapat menentukan IP address yang cocok untuk pengguna dan langsung terhubung dengan jaringan yang aman.

Cara Pengaturan APN Telkomsel 4G di HP Android dan iPhone

Letak sistem pengaturan APN dapat dibedakan dari jenis telepon seluler dengan sistem operasi Android atau Mac Apple. Penggunaan operator seluler apapun akan memiliki letak sistem pengaturan yang sama. Akan tetapi perbedaannya terletak pada penamaan APN tersebut. Cara mengatur APN pada Android dan iPhone dapat dijelaskan sebagai berikut :

Pada Android :

1. Buka menu Setting.

2. Selanjutnya pilih Mobile Network.

3. Pilih Access Point Name. Apabila digunakan APN bawaan (default) maka pengaturannya akan seperti yang tertera di ponsel.

4. Pilih new APN dan lakukan perubahan sesuai dengan pengaturan yang dibutuhkan dan harus sesuai dengan operator seluler yang digunakan. 

Pada iPhone: 

1. Buka menu Setting.

2. Selanjutnya pilih menu Cellular.

3. Lalu masuk ke Cellular Data Option.

4. Pilih Cellular Data Network. Selanjutnya akan keluar pengaturan APN default dan dapat dilanjutkan pengaturannya seperti pada Android yang sudah dijelaskan di atas.

APN bawaan (default) Telkomsel 4G

Sebelum mengubah-ubah APN perlu diketahui pengaturan APN bawaan (default) dari jaringan Telkomsel. Pengaturan ini perlu diketahui agar pengguna tidak kebingungan tidak dapat mengakses internet apabila pengaturan APNnya sudah diubah-ubah. Adapun APN bawaan (default) Telkomsel 4G adalah :

Name: Internet

APN: Internet

Proxy: Not Set

Port: Not Set

Username: Not Set

Password: Not Set

Server: Not Set

MMSC: Not Set

MMS Proxy: Not Set

MMS Port: Not Set

MC: 510

MNC: 10

Authentication Type: Not Set

APN Type: default

APN Protocol: Ipv4

APN Roaming Protocol: Ipv4

Enable/Disable APN: APN Enable

Bearer: Unspecified

MVNO Type: None

MVNO Value: Not Set

Ada beberapa jenis pengaturan APN Telkomsel seperti Telkomsel Gaming, Telkomsel MMS, Telkomsel Youtube, Telkomsel Videomax, Telkomsel Download, Telkomsel stabil, dan yang lainnya. Untuk mengetes kecepatan masing-masing APN dapat digunakan situs penguji kecepatan internet misalnya speedtest.net.

Sebagai pengguna operator Telkomsel, jangan menggunakan APN yang dirancang untuk operator seluler lainnya. Gunakanlah APN Telkomsel 4G untuk mendapatkan kecepatan maksimal. Apabila menggunakan APN dari operator lain akan kesulitan untuk dapat tersambung dan mengakses jaringan internet.