Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Setting APN Tri (3), Nikmati Internet Kencang Tanpa Batas

Setting APN Tri (3)


teknocup.com - Pengaturan (setting) APN Tri yang sesuai kebutuhan, memungkinkan pengguna operator seluler ini untuk mengakses kecepatan internet dengan maksimal. Tri merupakan salah satu penyedia layanan telekomunikasi seluler yang cukup digemari di Indonesia. Pada umumnya pelanggan Tri adalah generasi muda yang didukung dengan gaya hidup digital yang mumpuni. 

Tri memiliki jaringan 2G, 3G/WCDMA dan 4G LTE GSM. Wilayah jangkauannya meliputi Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Lombok. Meskipun belum semua daerah tersentuh oleh jaringan operator seluler ini, akan tetapi peminat dan pengguna Tri cukup banyak di seluruh wilayah Indonesia karena harganya yang relatif murah.

Di kota-kota besar biasanya jaringan Tri cukup kencang dan stabil. Lain hal jika masuk ke wilayah pedesaan atau tempat terpencil bahkan kemungkinan tidak mendapatkan jaringan samasekali. Pada saat-saat tertentu seperti musim hujan, angin kencang, ataupun badai biasanya koneksi internet Tri akan sangat lambat.

Terkadang ada kondisi dimana tanpa kendala cuaca, jaringan Tri sangat buruk bahkan tidak dapat digunakan untuk mengakses internet. Biasanya terjadi pengaturan APN yang tidak sesuai  pada ponsel, modem, WiFi, ataupun jaringan internet lainnya. APN di ponsel pribadi dapat diatur sesuai dengan kebutuhan dan sesuai dengan provider operator selulernya.

Cara Mudah Setting APN Tri di HP Android dan iPhone

Untuk melakukan setting APN 3 di HP Android dan iPhone juga cukup mudah. Pada prinsipnya letak pengaturan memiliki kesamaan hanya lokasi dan penamaannya yang berbeda. Berikut adalah cara mengatur APN pada Android dan iPhone:

Pada Android:

1. Buka menu Setting.

2. Selanjutnya pilih Mobile Network.

3. Pilih Access Point Name. Apabila digunakan APN bawaan (default) maka pengaturannya akan seperti yang tertera di ponsel.

4. Pilih new APN dan lakukan perubahan sesuai dengan pengaturan yang dibutuhkan dan harus sesuai dengan operator seluler yang digunakan. 

Pada iPhone: 

1. Buka menu Setting.

2. Selanjutnya pilih menu Cellular.

3. Lalu masuk ke Cellular Data Option.

4. Pilih Cellular Data Network. Selanjutnya akan keluar pengaturan APN default dan dapat dilanjutkan pengaturannya seperti pada Android yang sudah dijelaskan di atas.

APN bawaan (default) Tri (3)

APN ini merupakan bawaan dari Tri jika tidak diubah-ubah. Settingan APN ini penting apabila APN yang kita pakai sudah tidak dapat digunakan lagi sehingga harus kembali ke posisi semula untuk dapat menikmati akses internet. Adapun format pengaturan APN bawaan Tri  ini adalah: 

Name: 3http

APN: 3gprs

Proxy: Not Set

Port: Not Set

Username: 3gprs

Password: 3gprs

Server: Not Set

MMSC: Not Set

MMS Proxy: Not Set

MMS Port: Not Set

MC: 510

MNC: 89

Authentication Type: Pap or Chap

APN Type: default,supl

APN Protocol: Ipv4

APN Roaming Protocol: Ipv4

Enable/Disable APN: APN Enable

Bearer: Unspecified

MVNO Type: None

MVNO Value: Not Set

Ada beberapa jenis pengaturan APN 3 seperti APN 3 4G LTE, 4G cepat dan stabil, 4G unlimited bebas kuota, 4G gratis, Youtube, tercepat, GPRS, gaming, dan yang lainnya. Untuk mengetes kecepatan masing-masing APN dapat digunakan situs penguji kecepatan internet misalnya speedtest.net.

Sebagai pengguna operator seluler Tri, jangan melakukan pengaturan APN untuk operator seluler lainnya. Gunakanlah  APN Tri untuk mendapatkan kecepatan maksimal. Apabila menggunakan APN dari operator lain akan kesulitan bahkan tidak dapat tersambung untuk dapat mengakses jaringan internet.