Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyembunyikan Kontak dari Aplikasi Pinjaman Online

Cara Menyembunyikan Kontak dari Aplikasi Pinjaman Online

Kontak darurat menjadi salah satu syarat mengajukan pinjaman lewat aplikasi online yang harus Anda lengkapi. Namun faktanya penyelenggara fintech pinjaman online khususnya ilegal biasanya tidak hanya mengakses kontak darurat saja, melainkan juga bisa mengintip akses seluruh kontak peminjam. Lantas bagaimana cara menyembunyikan kontak dari pinjaman online? Simak ulasan lengkap di bawah ini.

Pinjaman Online merupakan inovasi terbaru dari perusahaan jasa keuangan yang kemudian sering disebut sebagai Financial Technology (Fintech) lending. Yakni perusahaan finansial yang mengandalkan teknologi informasi sebagai sarana menjalankan sistem pinjam meminjam.

Sebagai inovasi terkini, fintech lending cukup membantu karena proses pinjaman online bisa langsung cair dalam hitungan menit. Sayangnya pertumbuhan Fintech juga dibarengi dengan hadirnya aplikasi pinjaman online ilegal yang dijalankan oleh oknum-oknum tertentu.

Berbeda dengan fintech legal, aplikasi pinjaman online ilegal secara hukum tidak memenuhi ketentuan serta tidak berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tak tanggung-tanggung selama 2018 – 2021 Satgas Waspada Isvestasi telah menemukan dan memblokir lebih dari tiga ribu aplikasi pinjol ilegal.

Selain bunga pinjaman dan denda terlambat bayar gede, pinjaman online ilegal juga kerap jadi sorotan lantaran cara penagihan yang kasar. Tidak jarang dari peminjam yang telat bayar tagihan mendapatkan perlakuan kurang mengenakan, bahkan sampai penyebaran data pribadi.

Sebagai salah satu langkah jitu, pinjaman online ilegal juga menghubungi semua kontak ponsel pertemanan si peminjam. Dampaknya selain tagihan pinjaman online semakin besar, nama dan reputasi peminjam kerap tercemar karena penyebaran data pribadi. Itulah kenapa cukup banyak peminjam mencari cara menyembunyikan kontak ponsel dari aplikasi pinjaman online.

5 Cara Menyembunyikan Kontak dari Aplikasi Pinjaman Online

Berikut Teknocup.com bakal bagikan 7 cara meyembunyikan kontak dari pinjaman online ilegal, silakan coba salah satu cara mengamankan kontak di bawah ini:

1. Tolak Aplikasi Pinjol Mengakses Kontak

Setiap menginstall aplikasi di smartphone kita pasti bakal ada notifikasi atau pilihan permission yakni sebuah perizinan yang dibutuhkan aplikasi tersebut. Tidak berbeda dengan aplikasi pinjaman online yang umumnya bakal meminta izin untuk dapat mengakses kontak, wifi, sambungan internet, dan lain sebagainya.

Cara menyembunyikan kontak dari pinjaman online pertama yang bisa Anda coba ialah dengan menolak aplikasi tersebut untuk mengakses kontak. Harapannya aplikasi pinjaman online tidak dapat mengintip nomor kontak teman yang terdapat pada ponsel kita.

2. Pakai Smartphone Lain

Hadirnya pinjaman online memang sangat menguntungkan bagi orang yang benar-benar butuh dan paham atas risiko sebagai peminjam. Namun bagi sebagian yang terlanjur terjerat pinjaman online ilegal hal ini sangat menjengkelkan karena data pribadi kita bisa disebar ke nomor kontak yang ada di ponsel kita.

Makanya jika Anda memiliki lebih dari satu smartphone tidak ada salanya menggunkana ponsel lain yang sengaja digunakan untuk keperluan yang kurang penting. Anda bisa saja mengosongkan nomor kontak atau mengisinya dengan beberapa nomor yang hendak dijadikan sebagai nomor darurat atau kerabat saat pengajuan pinjaman online.

3. Non Aktifkan Semua Izin Akses Aplikasi

Berikutnya cara mengamankan dan menyembunyikan kontak dari pinjaman online bisa Anda lakukan dengan menonaktifkan semua izin akses aplikasi di smartphone yang Anda gunakan. Caranya silakan masuk ke “pengaturan” kemudan pilih “aplikasi.

Selanjutnya cari aplikasi pinjaman online yang telah Anda install, lanjutkan dengan pilih “Izin” kemudian “nonaktifkan semua akses yang terlanjur Anda Izinkan mulai dari akses kalender, kamera, posisi (GPS), hingga akses nomor kontak.

4. Gunakan Kontak Fake

Buat Anda yang belum terlanjur mengajukan pinjaman lewat aplikasi pinjol ilegal, sebaiknya hindari fintech ilegal dan mengutamakan pinjaman online yang terdaftar dan berizin OJK. Namun kalau sudah terlanjur cobalah gunakan kontak fake atau palsu yang bisa Anda temukan dengan mudah lewat browsing di internet.

Cara ini cukup mudah dan efektif karena nomor ponsel yang kita simpan di smartphone kita sejatinya bukan nomor dari teman dan kerabat melainkan nomor palsu. Dengan demikian jika sewaktu-waktu pinjol menyebarkan data, nomor kontak tersebut tidak bisa dihubungi.

5. Ganti Nomor Ponsel

Ganti nomor ponsel dan nomor WA jadi cara menyembunyikan kontak dari pinjaman online yang bisa Anda lakukan terakhir. Kalau Anda sudah mulai dihubungi teman dan mereka merasa terganggu karena sering dihubungi Debt Collector untuk bantu nagih utang itu tandanya DC udah menyebarkan data pribadi.

Tips terbaiknya ganti saja nomor ponsel dan WA dengan yang baru, selanjutnya bilang ke teman-teman terumata yang ada kontaknya jika Anda sudah ganti nomor telepon dan WA. Cara ini bisa sedikit menenangkan Anda karena bisa beralibi ketika nomor kontak sudah diserang DC.

Ada pengalaman dan cara lain buat menyebunyikan kontak dari pinjaman online? Jangan lupa bagikan tipsnya lewat kolom komentar ya.