Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Faktor Yang Pengaruhi Kecepatan Internet

8 Faktor Yang Pengaruhi Kecepatan Internet



Faktor yang pengaruhi kecepatan susukan internet- Di abad terbaru ini banyak hal yang tidak mampu lepas dari internet. Dengan internet pengguna mampu bertukar data dengan segera tanpa terkendala problem jarak. Banyaknya data yang mampu ditransfer ini bergantung dari kecepatan internet itu sendiri.

Bersamaan berkembangnya teknologi menciptakan perkembangan jaringan internet juga terus menjadi semakin mutakhir. Di mana kecepatan jalan masuk internet terus bertambah tinggi dengan hadirnya teknologi perangkat terkini sehingga menciptakan pertukaran berita antar pengguna terjadi dengan sungguh cepat.

Tetapi tidak seluruh pengguna bisa menerima kecepatan terusan internet yang tinggi, meskipun pengguna telah membeli paket untuk terusan internet dengan harga yang terkategori mahal. Kemudian apa saja faktor yang pengaruhi kecepatan internet?, nah langsung saja ikuti penjelasannya berikut ini.

Jaringan yang stabil tidak menjamin kecepatan internet yang tinggi. Terdapat beberapa pemicu internet jadi lambat, berikut beberapa aspek yang pengaruhi kecepatan internet.

1. Perangkat (PC / Smartphone)

Faktor yang Pengaruhi Kecepatan Akses Internet 8 Faktor yang Pengaruhi Kecepatan Akses Internet

Faktor awal yang pengaruhi kecepatan saluran internet yang pertama yaitu perangkat yang dipakai oleh pengguna, baik itu pc, laptop, ponsel pintar ataupun tablet. Untuk perangkat smartphone kecepatan internet sungguh mensugesti pada keterampilan chip modem yang dipunyai.

Sebaliknya pada perangkat pc ataupun laptop, aspek yang sungguh pengaruhi kecepatan internet ada pada spesifikasi network adapter ataupun kartu jaringan yang dipakai. Semakin baik spesifikasi adapter tersebut, memungkinkan laptop dapat menangkap sinyal dengan baik sehingga bandwith dari ISP dapat dimaksimalkan penggunaannya.

2. Modem

Faktor yang Pengaruhi Kecepatan Akses Internet 8 Faktor yang Pengaruhi Kecepatan Akses Internet

Faktor yang pengaruhi kecepatan kanal internet berikutnya ialah modem. Perangkat jaringan ini mempunyai peranan sentral dalam mentransfer info internet. Modem yakni perangkat penghubung utama dari ISP (IndiHome, Biznet, MyRepublic, dll) ke perangkat pengguna.

Jenis modem (Modulator Demodulator) yang dipakai pun bermacam- macam dan pastinya dengan spesifikasi yang berbeda. Semakin baik spesifikasi modem tersebut pasti makin besar bandwidth yang mampu dimuat suatu modem, sehingga makin besar pula kecepatan internet yang diperoleh.

3. Bandwidth

Berikutnya faktor ketiga yang pengaruhi kecepatan internet merupakan bandwidth. Bandwidth internet sendiri merupakan jumlah pemakaian transfer isu yang dijumlah dalam satuan waktu bit per second (bps). Banwith bekerja layaknya jalan raya, makin lebar jalannya maka semakin banyak pula kendaraan yang mampu berjalan dalam satu waktu. Oleh sebab itu semakin banyak bandwidth yang ditawarkan ISP semakin banyak pula data yang diperoleh pengguna.

4. Tipe Jaringan

Dalam mengakses internet, ada bermacam tipe jaringan komunikasi mirip CDMA, GSM, HSDPA, 3G, 4G sampai 5G. Tiap jaringan komunikasi tersebut memiliki kecepatan internet yang berlawanan. Pada biasanya makin baru teknologi jaringan yang digunakan maka semakin cepat pula kecepatan internet yang dihasilkan. 5G menjadi teknologi jaringan yang teraru dikala ini, pun begitu teknologi 5G masih belum tersedia di daerah Indonesia.

5. Jarak dengan Pemancar Jaringan

Faktor yang Pengaruhi Kecepatan Akses Internet 8 Faktor yang Pengaruhi Kecepatan Akses Internet

Faktor ini sungguh menghipnotis utamanya pada jaringan wireless. Beberapa pola perlengkapan untuk memancarkan sinyal adalah Access Point, Repeater, modem dan BTS untuk perangkat seluler. Semakin dekat perangkat dengan access point menciptakan sinyal yang diperoleh makin baik pula. Sinyal yang baik tentu dapat memaksimalkan perangkat yang ada untuk memperbesar kecepatan internet.

6. Tipe Kabel Jaringan

Pada penerapannya media penghubung jaringan pc dibedakan jadi 2, adalah dengan kabel dan tanpa kabel. Untuk media kabel mempunyai keunggulan jaringan yang lebih normal sebab tidak terbawa- bawa cuaca. Beberapa teladan kabel penghubung jaringan internet merupakan kabel UTP, kabel coacial dan kabel fiber optik.

Dari beberapa tipe kabel jaringan tersebut mempunyai kesanggupan masing-masing dalam hal kecepatan transfer gosip. Saat ini kabel fiber optik jadi teknologi paling mumpuni dengan kecepatan transfer gosip sampai 100 Gbps.

7. Jumlah Perangkat yang Terhubung

Faktor yang Pengaruhi Kecepatan Akses Internet 8 Faktor yang Pengaruhi Kecepatan Akses Internet

Faktor yang pengaruhi kecepatan susukan internet dapat tiba dari jumlah perangkat ataupun pengguna yang terkoneksi secara bertepatan pada satu jaringan. Semakin banyak perangkat yang terhubung menciptakan bandwith yang ada pada access point terbagi menjadi banyak. Akhirnya menciptakan kesanggupan dalam berselancar tidak optimal hingga mampu menghemat kecepatan internet.

Apabila jumlah perangkat yang terkoneksi sangat banyak tentu saja akan membuat jaringan terus menjadi lamban. Sebagai pola jaringan Wifi dengan kecepatan 10 Mbps digunakan oleh satu perangkat, setelah itu terkoneksi satu perangkat gres, sampai 3 perangkat ini akan berebut bandwidth 10 Mbps terebut.

8. Cuaca

Berikunya aspek yang pengaruhi kecepatan jalan masuk internet yang terakhir ialah cuaca. Cuaca juga pengaruhi kecepatan dan kestabilan jaringan internet spesialnya pada jaringan wireless ataupun tanpa kabel. Cuaca mampu mengganggu penerimaan sinyal karena cuaca mampu pengaruhi sinyal radio.

Seperti uang telah diketahui baik Wifi ataupun jaringan seluler memakai gelombang radio. Cuaca seperti hujan, tornado dan kabut mampu menghalangi gelombang radio pada frekuensi tertentu yang dipakai oleh jaringan seluler, sehingga kecepatan jaringan yang diterima tidak maksimal.

Metode Cek Kecepatan Akses Internet

Untuk mengukur kecepatan dan kestabilan jaringan internet dengan akurat, kalian dapat menggunjungi beberapa web pengujian kecepatan jalan masuk internet berikut ini.

Cara penggunaannya sangat mudah, kalian besar pencet saja tombol mulai dan tunggu proses pengujian. Sesudah pengujian rampung, kalian mampu menyaksikan kecepatan internet kalian dalam satuan Mbps.

Demikianlah beberapa faktor yang pengaruhi kecepatan akses internet. Apakah kamu mempunyai planning untuk dapat mempercepat kecepatan internetmu? Jangan lupa berikan pendapatmu di kolom komentar ya!