Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menangani Hp Android Lemot Dengan 5 Cara Ini (100% Work)



Tentu sangat risih bila kinerja hp (smartphone) menjadi lemot, sering kali dikala hp kita bertransisi saja seakan-akan menunjukkan efek bayangan, sangking lemotnya!!. Semakin lama teknologi kian mutakhir, handphone pun terus berevolusi, dari polyphonic dan hingga ketika ini kita telah merasakan teknologi yang mumpuni dengan adanya android. Hp yang dijuluki smartphone ini memang sangat membantu kehidupan insan kini, dari pekerjaan, mencar ilmu bahkan olahraga. Setiap hal pasti ada konsekuensinya, hp jaman dahulu memang terbilang memiliki teknologi yang sungguh kuno yang hanya bisa telepon dan sms saja, akan namun baterainya wajib diacungkan jempol. Sedangkan hp smartphone yang kita pegang sekarang, memiliki fitur canggih yang hebat banyak, akan namun semakin banyak fitur mutakhir dan semakin update, kinerja ponsel pintar akan makin lambat. Lalu bagaimana cara mengatasi hp android yang lemot? 

1  Priksa Ruang Penyimpanan


Mungkin ini sering diabaikan, padahal ruang penyimpanan sangat berpengaruh pada kinerja android, kamu bisa menguninstall aplikasi yang kira-kira jarang kau pakai, atau tidak terlampau diperlukan dengan aplikasi yang lain.

2  Hapus Cache


Cache adalah data penyimpanan berkelanjutan yang tersisa sehabis menggunakan sebuah aplikasi. Tidak beda dengan data cache juga bisa menciptakan ruang penyimpanan semakin menipis. Anda bisa menghapus cache menggunakan aplikasi bawaan maupun aplikasi lain yang ada di playstore.

3  Multitasking


Karena RAM hp anda terbatas, jangan operasikan aplikasi terlalu banyak (Multitasking) sebenarnya bisa saja 2 atau 3 aplikasi yang berjalan.

4  Terlalu Banyak Menggunakan Widget


Terkadang ebiasaan ini dijalankan oleh orang-orang yang memiliki hp gres, jadi mereka asyik mempercantik hp mereka dengan widget-widget yang menarik. Sebenaarnya ini juga penyebab hp anda menjadi pelan, selain kinerja hp menjadi lambat baterai hp pun terbilang cepat dikuras. Sebaiknya gunakan widget yang seperlunya saja.


5  Update Firmware Hp Anda


Firmware ialah tata cara operasi perangkat android anda yang semestinya mempunyai versi updatenya sendiri, biasanya hp akan mendapatkan pesan pop up atau pesan jenis lainnya yang mengumumkan bahwa sudah tersedia firmware model terbaru. Anda mampu mengupdate firmware hp anda, dan jangan lupa untuk membackup data-data sebelum mengupdate firmware untuk antisipasi. 

Nah itulah cara menanggulangi hp android lemot, bila hp anda cuma memiliki ram dibawah 2GB seharusnya memakai aplikasi-aplikasi model ringan, seperti Facebook dan Line anda bisa menggunakan versi Lite-nya.

Semoga berfaedah, terimakasih sudah berkunjung 😉