Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbandingan Poco M3 vs Poco X3 NFC

Perbandingan Poco M3 vs Poco X3 NFC

teknocup.com - Saat ini, pengguna smartphone semakin meningkat. Hal itu juga seiring dengan dihadirkannya berbagai smartphone dari berbagai brand dengan menawarkan fitur yang menarik. Selain itu, harga yang ditawarkan juga bervariasi. Sebagai konsumen, tentunya kalian ingin mendapatkan smartphone dengan harga terjangkau namun kualitasnya bagus bukan?

Membandingkan Poco M3 dan Poco X3 NFC perlu dilakukan untuk mendapatkan smartphone dengan fitur dan harga terbaik. Poco merupakan produsen smartphone yang berada dalam naungan Xiaomi. Saat ini, telah hadir versi terbaru dari ponsel ini yaitu Poco M3. Keluaran terbaru ini tentu menawarkan fitur terbaru. Bagaimana ulasannya? teknocup.com mengulasnya untuk kalian, simak yuk.

Perbandingan Poco M3 vs Poco X3 NFC

Jika dilihat dari fiturnya, Poco M3 adalah penerus dari Poco M2. Namun, Poco M2 saat ini tidak dijual di Indonesia. Poco M3 juga dapat disandingkan dengan Poco X3 NFX yang sudah ada di pasaran terlebih dahulu. Kedua ponsel tersebut termasuk dalam kelas menengah yang hadir dengan harga yang sangat terjangkau.

Design, Layar, Ukuran dan Material Pembuatan Poco M3 vs Poco X3 NFC

Jika dilihat dari segi design, Poco M3 mempunyai tampilan yang berbeda jika dibandingkan dengan Poco X3 NFC. Design notch kamera Poco X3 dibuat dengan punch hole, sedangkan Poco M3 menggunakan design standar dengan waterdrop notch.

Beralih ke spesifikasi layar, baik Poco M3 maupun Poco X3 NFC sama-sama mempunyai luas layar 6 inch. Poco X3 NFC mempunyai layar yang lebih luas yaitu 6,67 inch sedangkan Poco M3 layarnya seluas 6,53. Poco M3 dan Poco X3 NFC menggunakan tipe IPS LCD. Perbedaan juga terlihat pada modul kamera.

Poco X3 NFC mempunyai design bulat dengan kamera yang disusun horizontal. Sedangkan Poco M3 didesign secara unik dengan modul kamera persegi panjang namun ekstensinya melebar hingga ke kanan. Pada bagian ini juga terdapat logo Poco yang dapat terlihat dengan jelas. Lalu sensor sidik jari ditempatkan di dekat tombol power untuk memberikan kesan yang intuitif.

Perbandingan Performa Chipset Prosesor dan RAM

Jika dilihat dari performanya dari segi Chipset Prosesor dan RAM, Poco X3 mempunyai spesifikasi yang lebih unggul jika dibandingkan dengan Poco M3. Poco X3 mempunyai prosesor Qualcomm terbaru yaitu Snapdragon 732G. Penggunaan prosesor tersebut pada Poco X3 juga diklaim sebagai yang pertama di tanah air.

Penyimpanan Poco X3 juga lebih besar dengan dibekali RAM 6 GB dan 8 GB. Sedangkan RAM M3 hanya 4 GB dan 6 GB. Dua ponsel ini mempunyai kapasitas penyimpanan Poco X3 dan Poco M3 64 GB dan 128 GB.

Kamera dan Fitur Poco M3 vs Poco X3 NFC

Xiaomi Poco X3 ini mempunyai total lima kamera. Empat kamera belakang terdiri dari kamera utama 64 MP dengan sensor Sony IMX682, kamera 2 MP untuk makro dengan jarak fokus minimal hingga 4 cm, kamera 13 MP untuk ultrawide dengan FoV 119 derajat, dan 2 MP sebagai depth sensor.

Kamera dengan resolusi 20 MP dapat digunakan untuk berswafoto. Kamera ini juga dilengkapi dengan teknologi 4-in-1 super pixel. Sedangkan Poco M3 hanya dibekali dengan tiga kamera belakang. Kamera utamanya mempunyai resolusi 48 MP dengan focal length setara 26 mm dan diaframa f/1.79.

Kamera kedua dibuat untuk ultrawide dengan resolusi 2 MP dan cocok untuk depth sensor. Kemduian kamera ketiga mempunyai resolusi 2 MP yang digunakan untuk foto makro. Jika akan berswafoto, maka dapat menggunakan kamera depan yang mempunyai resolusi 8 MP. Kamera ini dibalut dengan design waterdrop notch di layar.

Fitur dan Sensor Poco M3 vs Poco X3 NFC

Dilihat dari segi fiturnya, jika kalian sering menggunakan transaksi nirkabel, kalian akan lebih cocok menggunakan Poco X3 karena sudah dilengkapi dengan NFC. Sedangkan untuk Poco M3 belum mempunyai fitur NFC.

Kapasitas Baterai dan Daya Pengisian

Baterai menjadi salah satu fitur yang diperhatikan. Setiap orang pasti memilih ponsel dengan baterai berkapasitas tinggi. Kali ini, Poco M3 hadir dengan baterai berkapasitas 6.000 mAh dengan kemampuan fast charging 18W. Sedangkan untuk Poco X3, baterai yang digunakan berkapasitas 5.160 mAh dengan fast charge 33 W.

Harga Poco M3 vs Poco X3 NFC

Harga Poco X3 dengan kapsitas 64GB dan RAM 6GB dibanderol dengan harga Rp3.199.000 sedangkan untuk kapasitas 128GB dan RAM 8GB dibanderol dengan harga Rp3.599.000. Untuk Poco M3 mempunyai harga di kisaran Rp1.899.000 untuk kapasitas 4GB dan RAM 64GB dan untuk versi 6GB dan RAM 128 GB dibanderol dengan harga Rp2.299.000.

Kelebihan dan Kekurangan Poco M3 vs Poco X3 NFC

Agar kalian lebih mudah untuk menentukan mana yang tepat antara Poco M3 dan Poco X3 NFC, maka berikut adalah kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Poco M3

poco m3


Pilihan warna POCO M3

Mempunyai performa Chipset yang tangguh

Dibekali dengan kapasitas baterai yang besar

Mempunyai fitur pengisian daya yang cepat dan reserve charging

Dilengkapi dengan kamera resolusi 48 MP sehingga cocok untuk kalian yang suka berfoto

Sudah menggunankan dual speaker untuk kenyamanan kalian mendengarkan audio

Mempunyai layar yang cukup lebar dengan kontras yang baik

Design body yang menarik dan berbeda

Mempunyai konektivitas yang lengkap

Kekurangan Poco M3

Tidak dilengkapi dengan refresh rate tinggi

Tidak dilengkapi dengan kamera ultrawide

Kelebihan Poco X3 NFC

Poco X3 NFC


Pilihan warna POCO X3 NFC

Mempunyai design yang yang unik

Mempunyai layar yang luas dengan kualitas gambar yang tajam

Performa yang tinggi dengan chipset yang mumpuni

Mempunyai lima kamera yang profesional

Kualitas audio sangat bagus karena sudah lulus uji Hi-Res audio

Dilengkapi dengan fitur fast charging dan kapasitas baterai cukup besar

Mempunyai RAM dan memori dengan kapasitas yang besar

Fitur gaming yang optimal dengan Game Turbo 3.0 untuk optimasi frame rate

Mempunyai fitur NFC sehingga memudahkan kalian untuk bertransaksi

Harga sangat terjangkau untuk ponsel dengan fitur yang unggul

Kekurangan Poco X3

Meskipun sudah cukup bagus, namun kualitas layar masih belum maksimal

Mempunyai banyak kamera, namun hanya mempunyai satu lensa untuk kamera depan

Terdapat iklan di lockscreen meskipun masih dapat dinonaktifkan ketika kalian merasa terganggu

Mempunyai banyak bloatware sehingga kurang efisien karena dapat memperlambat kinerja ponsel

Kesimpulan

Jika kalian ingin tampil beda, maka kalian dapat memilih Poco M3 karena mempunyai design yang belum pernah diadopsi oleh brand manapun. Tentunya jika kalian suka berswafoto, akan lebih baik menggunakan X3 karena sudah mempunyai fitur ultrawide. Meskipun begitu, kapasitas baterai X3 tidak lebih besar jika dibandingkan dengan M3.