Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Berbelanja Power Supply Dengan Benar

Perangkat komputer mempunyai beberapa bagian yang saling berafiliasi satu sama lain. Processor, mainboard, memory, hardisk, VGA, CD/DVD, dan bagian lain yang terpasang di dalamnya hanya akan bekerja bila didukung oleh satu perangkat penting yaitu Power Supply (PSU) dengan kapasitas watt yang berbeda beda sesuai type nya.

 Perangkat komputer mempunyai beberapa komponen yang saling berhubungan satu sama lain Cara Membeli Power Supply Dengan Benar

Sesuai dengan namanya, power supply yakni penyedia utama daya listrik ke bagian-bagian suatu komputer. Selain itu, perangkat ini juga berfungsi mengubah tegangan AC ke DC. Umumnya voltase yang dikeluarkan oleh Power Supply komputer yaitu +3,3Volt, +5 Volt, +12 Volt, -5 Volt, -12 Volt, dan + 5 Volt Stand-By.
 Perangkat komputer mempunyai beberapa komponen yang saling berhubungan satu sama lain Cara Membeli Power Supply Dengan Benar

Kebanyakan orang kurang memperhatikan eksistensi komponen power supply, karena umumnya saat berbelanja suatu casing komputer sudah termasuk power supply didalamnya, serta dengan daya yang macam-macam contohnya 350 Watt, 450 Watt, 500 Watt, dan lain sebagainya. Padahal keberadaan power supply ini turut mensugesti harga casing.

Mungkin akan terasa menarik bagi Anda jika mendapati casing dengan harga sekitar Rp. 200.000 hingga dengan Rp. 300.000, termasuk unsur power supply dengan wattage yang besar misalnya 400/500 Watt semisal Simbadda. Namun justru disinilah ancaman yang siap mengancam komputer anda,

Karena dengan harga yang mirip tersebut diatas, bisa ditentukan anda tidak akan menemukan bagian power supply yang berkualitas atau pure watt. Harga untuk suatu power supply yang bermutu baik berkisar antara Rp. 400.000 sampai dengan Rp. 2 juta. Memang terasa mahal ketimbang harga casing itu sendiri.

Power supply ibarat suatu jantung dalam komputer mesti disuplai tenaga yang anggun dan sehat, supaya melakukan pekerjaan dengan sempurna. Hal yang paling sering menimbulkan terjadinya kerusakan pada bagian komputer sebagian besar balasan power supply. Jangan menilai enteng kebutuhan akan power supply. Berikut ciri power supply berkualitas :

Harga yang beredar Untuk 350 Watt Rp. 300 ribu, 400 Watt Rp. 350-450 ribu, sedangkan 500 Watt Rp. 500 ribu - Rp. 650 ribuan. Untuk wattage yang lebih besar, harga ditentukan lebih mahal lagi. Harga mahal ini merupakan kompensasi dari unsur yang memang mempunyai mutu yang cantik dan lebih tahan usang.

Kiri PSU Standar Berat <1Kg, Kanan PSU Branded Berat >1 Kg Berat power supply pure lebih dari power supply fake. Bobot bagian pada PSU pure watt memiliki mutu yang manis seperti pada casing, kapasitor, transistor, bahkan kabel-kabelnya yang menjadikan bobotnya bertambah.

Secara fisik, bobot power supply yang baik lebih berat dari yang biaa saja. Hal ini disebabkan sebab power supply yang manis menggunakan materi – bahan terpilih, misalnya kabel-kabelnya memiliki serat tembaga yang lebih tebal, kapasitor yang ada didalamnya memakai kapasitor yang lebih banyak dan lilitan kabel pada kumparannya pun lebih banyak.

Cara melihat dan menelinya cek dulu power supply nya apakah Memiliki UL Number

 Perangkat komputer mempunyai beberapa komponen yang saling berhubungan satu sama lain Cara Membeli Power Supply Dengan Benar

Contoh UL number on Thermaltake PSU UL number ialah tanda produsen sebuah power supply. Dengan mengetahui identitas produsen/pabrik power supply tersebut kita mampu mengenali apakah kualifikasi produknya telah bersertifikasi internasional. UL Number.

Memiliki label spesifikasi voltase dan ampere yang digunakan, melekat di body power supply

 Perangkat komputer mempunyai beberapa komponen yang saling berhubungan satu sama lain Cara Membeli Power Supply Dengan Benar

Jika kita mengukur dengan Voltmeter atau Ampere meter, spesifikasi yang ada pada label tersebut sama persis atau beda tipis dengan yang hasil pengukuran yang tertera dari pabrik.
Memiliki teknologi terkini dalam bidang kelistrikan

Active PFC (Power Factor Correction), ialah rangkaian khusus yang digunakan untuk mengukur seberapa efisien komsumsi daya listrik. Over Voltage Protection, adalah kesanggupan power supply untuk mencegah kerusakan komponen yang terhubung sebab adanya lonjakan voltase listrik yang datang-datang.

Continuous Output, yakni kemampuan power supply untuk menunjukkan daya setiap dikala diperlukan. Sertifikasi 80 Plus, dimana setiap power yang memiliki tingkat efisiensi mengkonversi listrik AC ke power DC lebih besar dari 80%.

Ada 90% plus, yaitu power supply yang mampu melewati efisiensi 90% lebih, dalam mengkonversi energi AC ke DC. SLI ready/ATi cross fireX, berarti power supply ini sudah siap untuk teknologi Multi GPU. Tapi sekedar saran dari saya, jangan tertipu tulisan dalam kemasan PSU yang memasang logo ini,karena PSU yang memakai techno ini hanya PSU kelas wahid semisal, FSP, Corsair, Silverstone, Tagan, Enlight >500watt.

ROHS (Reduction Of Hazardous Substances), yakni teknologi ramah lingkungan yang menghemat panas berlebih atau material berbahaya. Diantaranya ada beberapa list PSU yang worth Corsair,Tagan,XFX,FSP,Xigmantek,Enlight,Thermaltake,Cooler Master,VenomRX, AcBel

Berikut beberapa list PSU yang bad; Epro,Mentari,Powercase,Xtreme,Speedpower,Power Logic, Enhance

Demikianlah Tips dan trik cara berbelanja Power supply PSU untuk informasi lebih lanjut silahkan datangi toko kami ISTANA COMPUTER CIANJUR dengan alamat Jl. Dr.Muwardi No.40-41 Muka Cianjur Banyak Promo di simpulan tahun ayo buruan stock terbatas, tetapi bila sobat galau untuk menentukan PSU yang mempunyai daya berapa watt, diusulkan untuk menggunakan
TIPS BERIKUT INI..