Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Kerja Baterai Mobil Listrik

Tipe dan jenis mobil listrik yang ada di pasar ketika ini

Baterai Solid-State

 Baterai merupakan komponen vital kendaraan listrik Cara Kerja Baterai Mobil Listrik

Tidak seperti baterai biasa, Baterai Solid-State tidak mempunyai elektrolit cair di antara elektroda. Sebaliknya, ada elektrolit padat, sebagian besar berupa gelas atau bahan yang lain.

Keuntungan Baterai Solid State

Menurut para ahli, Baterai Solid State memiliki beberapa keunggulan dibandingkan baterai Li-ion konvensional.

  • Kepadatan Energi Lebih Tinggi: Menurut John B. Goodenough, aktivis di bidang baterai lithium-ion, Solid-State Battery memiliki kepadatan energi nyaris 3 kali lebih banyak dibandingkan dengan baterai lithium-ion.
  • Murah: Baterai Solid-State jauh lebih terjangkau daripada baterai lithium-ion.
  • Lebih Aman: Baterai Solid-State dapat berfungsi pada berbagai suhu. Karena itu, tidak mudah terbakar bahkan dalam suhu ekstrim sehingga kondusif dipakai.

Masalah Baterai Solid State

Meskipun para ilmuwan selalu memperlihatkan respons yang sangat nyata pada baterai solid-state, baterai tersebut masih belum siap untuk digunakan di EV.

Baterai solid-state masih dalam tahap pengembangan dan banyak perusahaan sedang mengerjakannya. Oleh alasannya itu, diharapkan empat hingga lima tahun semoga teknologi tersebut dapat digunakan secara komersial. Setelah teknologi dioptimalkan dan berfungsi, kita berharap dapat menggantikan baterai lithium-ion.

Di Mana Baterai Dipasang Di Mobil Listrik?

Kebanyakan bungkus baterai lithium-ion mempunyai berat yang signifikan. Baterai lazimnya diletakkan di bawah lantai kendaraan beroda empat.

 Baterai merupakan komponen vital kendaraan listrik Cara Kerja Baterai Mobil Listrik

Paket baterai yang berat menambah bobot kendaraan listrik secara signifikan, tetapi juga memberi mereka pusat gravitasi yang sangat rendah. Yang, pada gilirannya, memberi mereka tumpangan yang sangat ditanam. Namun, pada beberapa mobil listrik, baterai juga dipasang di kap depan.

Itulah seklumit ulasan perihal baterai kendaraan beroda empat listrik, dari cara kerja hingga manfaatnya, serta manfaat dan kekurangannya. Semoga ulasan ini berfaedah buat Agan. Terima kasih atas kunjungannya dan jangan lupa share juga ke sobat-sobat Agan yach.