Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menanggulangi Network Discovery Is Turned Off Di Windows 10

Cara Mengatasi No WiFi Networks Found di Windows 10

Ada beberapa cara yang mampu Agan gunakan untuk menangani Network Discovery is Turned Off di Windows 10, diantaranya yakni selaku berikut:

1. Aktifkan Network Discovery

Fungsi sistem Network Discovery bergantung pada beberapa layanan Windows yang seharusnya dalam status berlangsung dan mesti berjalan secara otomatis. Kaprikornus, kalau salah satu atau semua layanan ini tidak berjalan, Agan mungkin menemukan dilema Network Discovery is Turned Off. Jadi, tentukan Agan mengusut semua layanan ini berjalan dan jika tidak, maka perlu distart. Mari kita lihat caranya.

Langkah 1: Pergi ke sisi kanan Taskber, klik kanan pada ikon network dan klik Open Internet & Network settings.

Langkah 2: Di jendela Settings, pergi ke segi kanan, gulir ke bawah dan di bawah bagian Advanced network settings, pilih Network and Sharing Centre.

Langkah 3: Ini membuka jendela Network and Sharing Center di Control Panel. Sekarang, klik Change advanced sharing settings di segi kiri panel.

Langkah 4: Di jendela Change advanced sharing settings, klik untuk memperluas bab Private. Sekarang, pilih opsi Turn on network discovery di bawah Private (current profile) dan centang kotak di sebelah Turn on automatic setup of network connected devices. Setelah itu, tekan tombol Save changes untuk menyimpan perubahan dan keluar.

2. Start Dependency Services

Langkah 1: Klik kanan pada Start hidangan dan pilih Run untuk membuka jendela perintah Run.

Langkah 2: Di jendela dialog Run, ketik services.msc dan tekan Enter untuk membuka jendela Services.

Langkah 3: Di jendela Service manager, pergi ke sisi kanan dan di bawah kolom Names, cari Function Discovery Resource Publication. Lalu klik dua kali untuk membuka jendela Properties -nya.

Langkah 4: Di jendela Properties, di bawah tab General, buka status Service dan periksa apakah telah berjalan. Jika tidak, klik tombol Start untuk memulai layanan.

Langkah 5: Sekarang, buka bidang jenis Startup dan atur ke Automatic. Tekan Apply dan kemudian OK untuk menyimpan perubahan dan kembali ke jendela Services.

Langkah 6: Di bawah kolom Names , cari SSDP Discovery dan klik dua kali untuk membuka jendela Properties -nya.

Langkah 7: Di jendela Properties, periksa apakah Service status menawarkan Running. Jika tidak, tekan tombol Start untuk memulai layanan.

Langkah 8: Arahkan ke bidang jenis Startup dan dan pilih Automatic dari drop-down di sebelahnya. Tekan Apply dan kemudian OK untuk menyimpan perubahan dan kembali ke jendela Services.

Langkah 9: Sekarang, cari UPnP Device Host service di bawah kolom Names dan klik dua kali untuk membuka jendela Properties -nya.

Langkah 10: Di jendela Properties -nya, di bawah tab General , periksa apakah UPnP Device Host service memperlihatkan Berjalan. Jika tidak, klik Start untuk memulai layanan.

Langkah 11: Sekarang, buka bagian jenis Startup dan setel bidang ke Automatic. Tekan Apply dan kemudian OK untuk menyimpan perubahan dan keluar dari jendela Services.

Sekarang, restart PC Agan dan Agan sekarang dapat terhubung ke jaringan dan bisa menyebarkan file Agan.

3. Aktifkan SMB 1.0/CIFS File Sharing Support

Fitur SMB sangat penting untuk membuatkan file, tetapi, fitur ini sepertinya telah dimatikan di versi modern Windows 10. Hal ini sering menyebabkan kesalahan ketika mencoba membuatkan file dan printer lewat jaringan. Cukup mengaktifkan fitur ini dapat menolong Agan menghilangkan kesalahan dalam banyak perkara. Mari kita lihat caranya:

Langkah 1: Tekan tombol Win + R bersamaan pada keyboard Agan untuk membuka jendela perintah Run.

Langkah 2: Ketik appwiz.cpl di kotak dialog Run dan tekan OK untuk membuka jendela Programs and Features di Control Panel .

Langkah 3: Sekarang, pergi ke segi kiri, cari Turn Windows feature on or off..

Langkah 4: Di kotak obrolan Windows feature, centang kotak di samping SMB 1.0/CIFS File Sharing Support. Tekan OK untuk menyimpan pergeseran dan keluar.

Restart PC Agan dan Agan tidak akan menyaksikan kesalahan " Network Discovery is Turned Off " lagi ketika berbagi file.

4. Izinkan Network Discovery di Pengaturan Firewall

Network Discovery di mesin Agan tidak akan berfungsi jikalau dinonaktifkan oleh Windows Firewall, oleh sebab itu Agan harus mengubah pengaturan Firewall untuk memastikannya diizinkan. Mari kita lihat caranya:

Langkah 1: Tekan tombol Win + X bersamaan di keyboard Agan dan klik Jalankan. Ini akan membuka jendela perintah Run.

Langkah 2: Di kolom obrolan Run, tulis firewall.cpl dan tekan Enter untuk membuka halaman Windows Defender Firewall di jendela Control Panel.

Langkah 3: Sekarang, klik Allow an app or feature atau lewat opsi Windows Defender Firewall di sebelah kiri.

Langkah 4: Agan akan menyaksikan halaman Allowed apps. Di sini, cari Network Discovery dalam daftar di bawahAllowed apps and features, dan centang kotak di sebelahnya untuk mengaktifkannya. Tekan OK untuk menyimpan pergantian dan lalu tutup jendela.

Langkah 5: Sekarang, ulangi Metode 1 untuk mengaktifkan Network Discovery di jendela Network and Sharing Center di Control Panel. 

Sekarang, reboot PC Agan dan periksa apakah kesalahan " Network Discovery is Turned Off " sudah hilang.

Baca juga: Cara Mengatasi "No Internet, secured" di Windows 10 (PC/Laptop)

Itulah beberapa cara untuk menanggulangi Network Discovery is Turned Off di Windows 10. Semoga artikel ini berguna buat Agan, terima kasih atas kunjungannya dan jangan lupa share postingan ini ke sobat-teman Agan yach.